Inilah 6 Tips Memilih Bahan Terbaik Untuk Bikin Baju Desain Sendiri

bikin-baju-desain-sendiri

Bikin baju desain sendiri merupakan hal yang patut kamu coba ditengah gempuran berbagai model baju saat ini. Bukankah outfit yang tengah viral akan sangat mudah kita temui di keramaian. Pastinya akan menimbulkan rasa tidak nyaman ketika bertemu dengan orang yang tidak dikenal namun menggunakan pakaian yang sama.

Jangan terlalu khawatir buat kamu yang tidak pandai menggambar. Karena saat ini terdapat berbagai pilihan aplikasi desain yang dapat diinstal pada smartphone. Dan beberapa diantaranya menyediakan berbagai fitur yang gratis. Sehingga tidak perlu mengeluarkan uang untuk mulai membuat desain.

Memanfaatkan teknologi yang ada tentu akan membantu kamu dalam membuat desain baju. Selain akan lebih mudah, cepat dan juga murah, kamu akan merasakan banyak manfaat lainnya. Salah satunya bahkan kamu bisa membuat desain baju hanya dengan rebahan. Karena kamu memang bisa memanfaatkan aplikasi didalam ponsel dimana saja.

6 Tips Ketika Memilih Bahan Untuk Bikin Baju Desain Sendiri

Ketika memutuskan untuk membuat baju dengan desain sendiri tentunya banyak yang harus diperhatikan. Bukan hanya dari segi desain yang dibuat saja, tetapi juga memilih bahan yang nantinya akan digunakan. Jangan sampai desain yang telah dibuat secara maksimal, akan memiliki hasil yang mengecewakan karena salah memilih bahan. Berikut ini ada 7 tips untuk memilih bahan agar hasilnya maksimal, yaitu:

1. Sesuaikan dengan tujuan pembuatan baju

Tips pertama yaitu bahan yang dipilih harus sesuai dengan tujuan dari bikin baju desain sendiri tersebut. Karena setiap baju yang dibuat tentu memiliki fungsinya masing-masing. Misalnya, baju yang digunakan sehari-hari tentu memiliki bahan yang berbeda dengan baju olahraga. Baju untuk keseharian tentunya harus nyaman, adem dan menyerap keringat. Sedangkan untuk baju olahraga harus memiliki elastisitas dan daya serap yang baik.

2. Pilih bahan dengan kualitas terbaik

Setelah mengetahui apa tujuan dari pembuatan baju dan memilih jenis kain yang tepat. Maka selanjutnya yaitu dengan memilih bahan dengan kualitas terbaik dari jenis yang diinginkan. Hal ini tentunya sangat penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan harapan.

Setiap kain memang memiliki kualitas yang berbeda. Kamu dapat menilai kualitas dari tingkat kelenturan bahannya. Kemudian bahan yang berkualitas biasanya cenderung lebih lembut, tenunan yang rapat dan jatuh. Lalu ketika diremas tidak akan meninggalkan bekas kusut.

3. Pilih yang tidak menerawang

Langkah selanjutnya setelah menentukan kualitas, kamu harus menilai ketebalan bahan. Hal ini untuk memastikan hasil bikin baju desain sendiri kamu tidak menerawang. Karena akan sangat tidak nyaman digunakan jika bahannya tipis dan nerawang.

Ketebalan setiap jenis bahanpun juga akan berbeda. Misalnya untuk bahan cotton combed memiliki 3 tingkatan ketebalan yang ditandai dengan angka 20s, 24s, 30s. Semakin kecil angka maka semakin tebal bahannya.

4. Perhatikan dengan baik tekstur bahan

Tips berikutnya yaitu perhatikan dengan baik tekstur pada bahan yang kamu pilih. Kain dengan tekstur lembut biasanya memiliki benang yang ditenun secara rapi, rapat dan teratur. Kemudian hindari bahan yang memiliki tekstur permukaan yang tidak merata, karena akan membuat baju terlihat tidak rapi.

5. Sesuaikan warna dengan kebutuhan

Kualitas bahan bukan hanya dinilai dari tekstur atau bahan bakunya saja, tetapi juga dari warnanya. Warna yang berkualitas tentunya yang tidak mudah luntur atau pudar. Untuk itu pastikan memilih bahan dengan warna yang baik. Kemudian sesuaikan juga dengan kebutuhan dari pembuatan baju. Jika untuk pakaian formal lebih baik untuk menghindari warna yang mencolok.

6. Sesuaikan harga dengan budget

Harga bahan juga merupakan hal utama yang harus dipertimbangkan. Hal ini tentu untuk meminimalkan pengeluaran untuk hasil yang maksimal. Sehingga jangan memaksakan menggunakan bahan yang mahal, sedangkan budget terbatas. Hal tersebut hanya akan menguras isi kantong.

Bikin baju desain sendiri memang menyenangkan dan tentu lebih memuaskan. Tetapi memang banyak hal yang harus dilakukan dengan baik untuk hasil yang maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *